Inilah 5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ketombe adalah kondisi kulit yang sangat umum, di mana serpihan putih bisa jatuh dari kulit kepala Anda. Mereka yang mengalami masalah kulit ini dapat berjuang untuk mengontrol kondisi tersebut, tetapi ada banyak solusi alami untuk membantu Anda menghilangkan ketombe.

Bagaimana cara mengetahui apakah Anda telah mengalami masalah kulit ini atau tidak. Biasanya Anda dapat mengatakan bahwa Anda sudah terserang ketombe ketika kulit kepala Anda menjadi sangat kering dan gatal. Serpihan kulit mati akan menaburkan rambut Anda dan terkadang jatuh ke bahu Anda sudah pasti membuat Anda merasa tidak nyaman dan dapat menurunkan rasa percaya diri kita.

Apa penyebab ketombe?


Penyebab utama ketombe adalah ketika proses pembaharuan kulit dipercepat, ini bisa menjadi dua kondisi, namun tidak diketahui apa penyebab sebenarnya dari ketombe.

Dermatitis seboroik adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit berminyak dan orang-orang dengan kondisi ini mungkin juga akan mengalami pengelupasan pada bagian lain dari tubuh, seperti alis mata, hidung dan di mana saja di mana kulit melipat, seperti ketiak.

Kemungkinan lain adalah kondisi malassezia - sejenis jamur yang dapat hidup tanpa membahayakan kulit, kecuali jika menjadi ekstrim dan kemudian mempercepat proses pembaharuan kulit.

Findranlogo.blogspot.com juga menyatakan bahwa ada banyak faktor lain yang dapat berkontribusi pada munculnya ketombe:

  • Stres emosional
  • Tidak mencuci rambut dengan benar 
  • Penggunaan produk rambut yang selalu berganti-ganti
  • Kegemukan
  • Iklim yang sangat panas atau dingin
  • Kondisi kulit lainnya seperti psoriasis atau eksim
  • Atau jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah

Meskipun sulit untuk menunjukkan penyebab ketombe, ada banyak solusi alami yang dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah ketombe. Yuk simak informasinya di bawah ini mengenai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

1. Minyak zaitun


Membasahi rambut Anda dengan minyak zaitun di malam hari bisa sangat bagus untuk ketombe, tetapi jika Anda tidak suka tidur dengan minyak zaitun, Anda bisa membiarkannya selama setengah jam dan setelah itu bilas dengan air dan juga sampo. Bilas sampai bersih untuk memastikan semua minyak telah keluar lalu keringkan. Tidak perlu untuk pengkondisian karena minyak zaitun dikatakan sebagai kondisioner yang bagus untuk rambut juga.

2. Bawang putih


Bawang putih biasanya dikenal sebagai obat untuk mengatasi masuk angin, tetapi bisa sangat bagus untuk menyingkirkan ketombe juga kata BebasJerawat.info. Kandungan antimikroba dalam bawang putih membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan ketombe. Ambil satu siung bawang putih yang mana langsung dihaluskan dan tambahkan 1 sendok madu, agar bau menyengat bawang putih berkurang, lalu gosokkan ke kulit kepala Anda, biarkan selama 15 menit dan setelah itu bilas dengan air bersih.

3. Garam


Garam sangat bagus untuk menyingkirkan ketombe di rambut Anda sebelum Anda keramas kata. Cukup kocok sedikit garam ke rambut Anda dan masuk ke kulit kepala Anda, lalu keramas garam berlebih dari rambut Anda secara menyeluruh.

4. Jeruk lemon


Keasaman dalam lemon membantu menyeimbangkan tingkat PH di kulit kepala Anda. Tambahkan satu sendok teh jus lemon ke secangkir air dan bilas rambut Anda dengan itu, pastikan itu membasahi kulit kepala Anda terlebih dahulu. Metode untuk cara menghilangkan ketombe yang satu ini dapat Anda gunakan setiap hari sampai benar-benar hilang ketombe dari kulit kepala dan rambut Anda.

5. Minyak kelapa


Minyak kelapa tampaknya memiliki banyak kegunaan dan salah satunya adalah dapat menyingkirkan ketombe. Sebelum mandi, pijatlah 2 sendok teh minyak ke kulit kepala dan biarkan selama satu jam. Cuci rambut Anda hingga bersih dan ulangi setiap kali Anda mencuci rambut sampai Anda melihat hasilnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel